Cara Terbaik Mencari Nama Domain Untuk Toko Online
Netblogie ~ Hal paling penting dan utama ketika hendak membangun sebuah web adalah mencari nama domain yang kredibel untuk situs web Anda, hal ini berlaku terutama jika situs Anda adalah web toko online; Bayangkan, jika orang akan membelanjakan uang hasil jerih payahnya di situs web toko online Anda, mereka perlu diyakinkan bahwa uang mereka dibelanjakan dengan aman.
Sebelum Anda menjual satu produk atau layanan, Anda harus terlebih dahulu menjual nama domain Anda kepada calon pengunjung dengan nama domain yang kredibel dan dapat dipercaya. Berikut adalah beberapa tips tentang cara mencari domain untuk situs toko online atau e-niaga Anda dengan nama yang baik sempurna:
Untuk jumlah kata yang digunakan, domain dengan satu kata sangat berharga, dua kata sudah cukup baik, tiga kata termasuk rata-rata, dan diatas itu biasanya bukan merupakan ide yang baik.
Contoh: Quotes.com adalah domain superior dan mungkin bernilai jutaan dolar. ProQuotes adalah domain dua kata yang cukup bagus yang bernilai ribuan dolar. ProQuotesNow adalah domain rata-rata yang bisa digunakan untuk sebuah website, dan YourProQuotesNow hampir tidak bernilai.
Contoh: Brcwr.com adalah domain yang singkat, tapi sangat sulit untuk diingat, sehingga merupakan ide yang buruk untuk menggunakannya dalam situs Anda (kecuali kata tersebut merepresentasikan nama situs tersebut atau sebuah pesan yang bisa diingat).
Contoh: CappuccinoBar.com mungkin akan bermasalah untuk pengunjung yang berbahasa inggris. Cappuccino berasal dari bahasa Italia, dan tidak semua orang mengetahui huruf mana saja yang harus dituliskan dua kali.
Walaupun begitu, diluar dari kasus-kasus ini, sebuah domain .com tetap yang terbaik. Ekstensi ini adalah yang paling populer, dan sudah tertanam dalam pikiran orang-orang.
Pengunjung yang datang ke situs Anda melalui search engine atau link organic akan lebih memperhatikan nama situs, bukan alamatnya. Karena itu, saat mereka ingin mengunjungi situs Anda lagi, mereka kemungkinan besar akan mengetikkan nama situs Anda diakhiri dengan .com. tentunya, bukan situs Anda yang akan mereka kunjungi.
Contoh: Darren Rowse membuat blognya yang populer pada domain Problogger.net. tapi walaupun dia sudah memiliki brand yang kuat, beberapa pengunjung masih masuk ke problogger.com. setelah beberapa tahun, Darren memutuskan untuk membeli versi .com seharga $5000 dan melakukan redirect ke situsnya, sehingga tidak akan ada pengunjung yang ‘bocor’.
Contoh: Anda pastinya bisa menebak isi TelevisionGuides.com bahkan sebelum mengunjunginya, bukan?
Coba sekarang balikkan keadaannya. Anggaplah Anda sedang mencari sebuah review film. Anda mencari di Google, hasil teratas datang dari MikesLair.com, dan hasil kedua datang dari MoviesCentral.com. Yang mana yang akan Anda klik?
Domain yang brandable akan membuat pengunjung Anda mengasosiasikan nama situs Anda dengan isi di dalamnya. (Perhatikan bahwa domain yang brandable juag bisa bersifat deskriptif, hanya tidak selalu.)
Berikut adalah contoh kecil dari 400+ ekstensi domain yang dapat Anda gunakan untuk toko online Anda:
.blackfriday
.boutique
.cheap
.club
.coupons
.deals
.discount
.equipment
.forsale
.gifts
.market
.sale
.store
.audio
.beer
.bike
.clothing
.coffee
.cooking
.game
.shoes
.toys
.wedding
.wine
Siap menemukan nama domain yang bagus untuk toko web Anda? Klik di sini untuk mencari domain!
Sebelum Anda menjual satu produk atau layanan, Anda harus terlebih dahulu menjual nama domain Anda kepada calon pengunjung dengan nama domain yang kredibel dan dapat dipercaya. Berikut adalah beberapa tips tentang cara mencari domain untuk situs toko online atau e-niaga Anda dengan nama yang baik sempurna:
1. Singkat
Nama domain yang bagus adalah yang singkat. Bukan sebuah kebetulan bahwa semua domain .com yang terdiri dari 3 dan 4 huruf sudah tidak ada lagi, dan yang sepanjang 5 huruf juga berkembang pesat. Tidak ada jumlah huruf spesifik yang perlu Anda incar, tapi ingatlah bahwa semakin singkat akan semakin baik. Jika Anda memerlukan petunjuk, cobalah untuk tetap berada dibawah 10 huruf, dan jangan pernah melewati 20 huruf.Untuk jumlah kata yang digunakan, domain dengan satu kata sangat berharga, dua kata sudah cukup baik, tiga kata termasuk rata-rata, dan diatas itu biasanya bukan merupakan ide yang baik.
Contoh: Quotes.com adalah domain superior dan mungkin bernilai jutaan dolar. ProQuotes adalah domain dua kata yang cukup bagus yang bernilai ribuan dolar. ProQuotesNow adalah domain rata-rata yang bisa digunakan untuk sebuah website, dan YourProQuotesNow hampir tidak bernilai.
2. Mudah Diingat
Kebanyakan pengguna internet tidak menggunakan bookmark. Mereka hanya mengingat nama domain dari situs favorit mereka dan mengetikkannya setiap ingin mengunjunginya. Tentunya, jika nama domain Anda begitu kompleks sampai sulit diingat, maka Anda akan kehilangan pengunjung seiiring berjalannya waktu.Contoh: Brcwr.com adalah domain yang singkat, tapi sangat sulit untuk diingat, sehingga merupakan ide yang buruk untuk menggunakannya dalam situs Anda (kecuali kata tersebut merepresentasikan nama situs tersebut atau sebuah pesan yang bisa diingat).
3. Mudah Dieja
Hal terakhir yang Anda inginkan adalah pengunjung-pengunjung Anda salah mengeja domain Anda dan malah berakhir di situs lain. Hindari penggunaan kata asing yang tidak biasa, kata-kata yang memiliki pelafalan yang kompleks, kombinasi huruf yang aneh dan hal-hal lain yang mungkin membuat seseorang salah mengeja alamat situs Anda.Contoh: CappuccinoBar.com mungkin akan bermasalah untuk pengunjung yang berbahasa inggris. Cappuccino berasal dari bahasa Italia, dan tidak semua orang mengetahui huruf mana saja yang harus dituliskan dua kali.
4. Memiliki ekstensi .com
Organisasi-organisasi mungkin lebih memilih untuk menggunakan domain .org, dan perusahaan yang menargetkan area geografis yang sangat spesifik mungkin ingin menggunakan domain lokal (cth- .co.uk, .co.id).Walaupun begitu, diluar dari kasus-kasus ini, sebuah domain .com tetap yang terbaik. Ekstensi ini adalah yang paling populer, dan sudah tertanam dalam pikiran orang-orang.
Pengunjung yang datang ke situs Anda melalui search engine atau link organic akan lebih memperhatikan nama situs, bukan alamatnya. Karena itu, saat mereka ingin mengunjungi situs Anda lagi, mereka kemungkinan besar akan mengetikkan nama situs Anda diakhiri dengan .com. tentunya, bukan situs Anda yang akan mereka kunjungi.
Contoh: Darren Rowse membuat blognya yang populer pada domain Problogger.net. tapi walaupun dia sudah memiliki brand yang kuat, beberapa pengunjung masih masuk ke problogger.com. setelah beberapa tahun, Darren memutuskan untuk membeli versi .com seharga $5000 dan melakukan redirect ke situsnya, sehingga tidak akan ada pengunjung yang ‘bocor’.
5. Deskriptif
Banyak pengunjung akan datang ke situs Anda melalui search engine dan direct link dari situs lain. Mereka datang jika mereka tertarik dengan nama domain Anda. Memiliki nama domain yang deskriptif akan member pengertian awal pada pengunjung tentang situs Anda, bahkan sebelum mereka masuk. Jika ada keyword tertentu dalam domain Anda, maka rangking search engine Anda juga bisa terbantu.Contoh: Anda pastinya bisa menebak isi TelevisionGuides.com bahkan sebelum mengunjunginya, bukan?
Coba sekarang balikkan keadaannya. Anggaplah Anda sedang mencari sebuah review film. Anda mencari di Google, hasil teratas datang dari MikesLair.com, dan hasil kedua datang dari MoviesCentral.com. Yang mana yang akan Anda klik?
6. atau Brandable
Sebuah domain yang brandable memiliki pelafalan yang baik, kombinasi huruf yang menarik, atau efek visual yang menarik. Kadang memang tidak terlalu deskriptif, tapi bisa sama efisiennya.Domain yang brandable akan membuat pengunjung Anda mengasosiasikan nama situs Anda dengan isi di dalamnya. (Perhatikan bahwa domain yang brandable juag bisa bersifat deskriptif, hanya tidak selalu.)
7. Gunakan ekstensi domain yang relevan.
Kecenderungan pertama Anda mungkin untuk mencari nama domain .com seperti pada poin ke 4 di atas, namun meskipun itu pilihan yang bagus namun belum tentu nama yang Anda inginkan masih tersedia, ada ratusan opsi lain untuk dipilih. Menggunakan ekstensi domain yang berbeda akan meningkatkan peluang Anda untuk menemukan nama domain dengan nama brand Anda yang tepat, dan juga dapat melakukan pekerjaan Anda dengan lebih baik dalam mengkomunikasikan apa yang dapat ditemukan di situs web Anda.Berikut adalah contoh kecil dari 400+ ekstensi domain yang dapat Anda gunakan untuk toko online Anda:
Eceran
Ekstensi ini sempurna untuk hampir semua jenis situs ecommerce..blackfriday
.boutique
.cheap
.club
.coupons
.deals
.discount
.equipment
.forsale
.gifts
.market
.sale
.store
Niche
Ada peluang bagus bahwa ada perluasan untuk industri khusus Anda. Untuk melihat apakah niche Anda memiliki opsi yang relevan, lihat daftar lengkap ekstensi domain. Ini hanya contoh kecil dari apa yang tersedia:.audio
.beer
.bike
.clothing
.coffee
.cooking
.game
.shoes
.toys
.wedding
.wine
Gunakan Domain Terpisah dari Web Hosting Anda.
Seiring perkembangan toko online Anda, kebutuhan situs juga dapat berubah. Sebagian besar jasa hosting e-niaga akan menawarkan nama domain khusus, tetapi perhatikan dengan seksama persyaratan yang menyertainya; beberapa hanya akan memberikan domain Anda selama situs web Anda dengan layanan mereka. Ini akan menyulitkan (atau bahkan tidak mungkin) untuk mentransfer nama domain dari layanan mereka dan membawanya ke server hosting yang baru. Dengan mendaftarkan domain Anda dengan penyedia domain terpisah (ahem), Anda akan memastikan bahwa nama domain Anda akan aman dan ikut ke mana pun ke penyedia hosting yang Anda inginkan.Siap menemukan nama domain yang bagus untuk toko web Anda? Klik di sini untuk mencari domain!
Tidak ada komentar: