Ads Top

Cara Menjadi Kaya Dari Orang-orang Yang Sudah Sukses

Netblogie ~ Orang kaya seharusnya tidak lagi memiliki utang dalam jumlah besar yang hanya digunakan untuk hal-hal konsumtif. Kadang datang godaan untuk berutang padahal barang yang akan dibeli bukanlah kebutuhan. Misalnya kredit iPhone terbaru padahal hape lama masih oke punya. Kalau dari muda udah banyak utang konsumtif, bagaimana bisa tua kaya raya?

Cara Menjadi Kaya Dari Orang-orang Yang Sudah Sukses


Gak ada yang salah dengan utang. Yang salah adalah berutang tanpa rencana matang dan demi hal yang sebenarnya gak penting.

Semua orang bisa jadi kaya. Tapi gak semua orang tahu bagamana cara menjadi kaya. Kalau udah tahu pun, belum tentu bisa disiplin mematuhi cara-cara tersebut untuk mewujudkannya.

Untuk itu, ikuti langkah yang pasti agar impian Anda menjadi orang kaya bisa terwujud. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mewujudkan keinginan tersebut, salah satunya dengan membaca buku agar kita mendapatkan inspirasi.

Tentu semua orang ingin kaya, termasuk Anda. Bercita-cita menjadi orang kaya bukanlah hal yang tidak mungkin. Menjadi kaya bisa memotivasi kita untuk semakin lebih baik dalam mencari peluang dan mengatur keuangan.

Tentu saja kita gak bicara soal mereka yang kaya dari lahir atau keturunan ningrat yang hartanya gak habis dimakan 7 turunan. Sebaliknya, yang kita bahas adalah para miliarder yang memulai semuanya dari nol.

Berikut ini adalah beberapa cara yang perlu Anda tempuh, agar Anda dapat menjadi orang kaya:

Banyak Membaca dan Belajar dari Yang Sudah Kaya

Nah, semua itu sudah tertuang dalam beberapa buku yang membahas mengenai cara meraih impian untuk menjadi orang kaya. Inspirasi ini sangat dibutuhkan untuk menumbuhkan semangat guna meraih cita-cita. Ada banyak buku yang sukses membahas soal keuangan. Menjadi orang kaya, tentu identik dengan kebebasan finansial.

Berikut beberapa pilihan buku yang bisa dijadikan referensi Anda untuk mendapatkan inspirasi dan mewujudkan keinginan menjadi orang kaya:

1. Buku ‘Rich Dad, Poor Dad’

Judul dari buku ini memang cukup unik, ‘Rich Dad, Poor Dad’. Buku yang ditulis Robert T Kiyosaki ini sangat cocok dibaca oleh Anda yang serius ingin menjadi orang kaya.

Jika membedah isi buku ini, Rob berusaha untuk menjelaskan kedua makna judul buku tersebut. Dari sisi Rich Dad, mengatakan bahwa uang adalah kekuatan (money is power).

Sedangkan dari sisi Poor Dad, menyebutkan bahwa uang bukanlah masalah (money doesn’t matter). Dan isi halaman berikutnya, buku ini akan membagikan cara berpikir dari para jutawan yang sangat menginspirasi.

2. Buku ‘The Millionare Next Door’

Buku yang diterbitkan pertama kali pada tahun 1996, berjudul ‘The Millionare Next Door’, oleh Thomas J Stanley dan William Danko D, ini mengulas bagaimana cara para jutawan Amerika Serikat menggunakan 7 langkah kunci agar bisa menjadi orang kaya.

Terungkap, ternyata metode yang mereka lakukan untuk menjadi kaya sangat sederhana. Metode itu adalah menghabiskan sedikit dari yang kita peroleh. Mereka bisa terhindar dari membeli terlalu banyak dan lebih banyak berinvestasi.

3. Buku ‘Think and Grow Rich’

Bisa dibilang, usia buku ini sudah tua, sudah hampir satu abad. Buku ini ditulis pertama kalinya pada tahun 1937 oleh Napoleon Hill. Ia juga seorang mantan penasihat Franklin Roosevelt. Banyak ilmu yang bisa diambil dari buku ini untuk menjadi orang kaya.

Menurut buku ini, untuk menjadi sukses dan kaya raya, kita harus menetapkan tujuan dan semangat untuk meraih tujuan tersebut. Tujuan yang dimiliki itu ternyata bisa diraih dengan tindakan dan kekuatan pikiran kita sendiri.

4. Buku ‘How Rich People Think’

Buku ini ditulis oleh Steve Siebold, yang berisi hasil wawancara dirinya dengan 1000 jutawan dan miliarder pada masa itu. Steve menghabiskan waktu 30 tahun untuk melakukan wawancara tersebut.

Poin yang didapatkan dari hasil wawancara tersebut adalah orang kebanyakan yang umumnya akan berpikir uang adalah sumber kejahatan. Namun orang kaya percaya bahwa kemiskinanlah yang merupakan sumber kejahatan.

5. Buku ‘You’re So Money: Live Rich, Even When You’re Not’

Ulasan dari buku ini lebih ditujukan bagi orang dengan berpenghasilan kelas menengah ke atas. Buku yang ditulis oleh Farnoosh Torabi ini mengungkap bagaimana cara kita menyimpan uang di beberapa area khusus dalam kehidupan kita.

Selain itu, buku ini juga menguraikan sebuah gagasan yang dapat memberikan saran untuk para kaum muda saat ini. Anak-anak mudah seharusnya memiliki kecerdasan untuk menangani masalah keuangan pada masa usia mudanya, agar kelak bisa menjadi orang kaya.

6. Buku ‘The Science of Getting Rich (A Thrifty Book)’

Buku karya Penulis Wallance Wattle, ini mengangkat kerangka intelektual yang bisa membangun kekayaan pribadi dengan berpikiran positif. Buku ini lebih memfokuskan kita untuk bisa menciptakan kekayaan melalui pikiran kita sendiri.

Contoh, jika saja Anda percaya bahwa uang memang jahat, maka hingga kapan pun Anda akan sulit untuk menjadi orang kaya, dan sebaliknya.

7. Buku ‘The Richest Man in Babylon’

Buku ini memberikan sebuah cerita yang inspiratif, tentang bagaimana cara berhemat dan merencakan keuangan dengan baik. Buku ini ditulis oleh George S. Clason, yang benar-benar menggali prinsip dan rahasia yang harus dibawa dalam kehidupan pribadi Anda.

Berbagai kiat sukses dalam bentuk sebuah cerita dikemas dengan sangat menarik. Buku ini juga cocok digunakan untuk lingkungan institusi keuangan seperti asuransi, perusahaan investasi, perbankan, dan pengusaha. Mereka akan menemukan makna yang sangat berharga tentang keuangan.

8. Buku ‘The Automatic Millionare’

Buku yang ditulis David Bach, ini membagikan fakta yang cukup mengejutkan tentang kekayaan. Ternyata, kita bisa kaya dengan membuat anggaran secara teratur. Artinya, kita harus memiliki rencana anggaran secara maksimal. Nantinya, anggaran itu sendiri yang akan membayar kita secara otomatis.

Cara ini juga otomatis akan membuat masa depan akan lebih terjamin dan lebih siap alias mapan. Buku ini juga dilengkapi dengan beberapa alamat situs dan nomor telepon yang bisa membantu Anda meraih jalan untuk menjadi kaya dalam waktu singkat.

9. Buku ‘The Millionare Fastlane’

Buku ini mengulas berbagai hal yang akan membuka mata kita untuk melihat perbedaan. Perbedaan ini tentang apa yang bisa dan tidak bisa Anda lakukan untuk menjadi kaya. Buku ini juga bisa mengubah pola pikir kita bahwa kaya itu sebenarnya bisa diraih saat kita masih muda tanpa harus menunggu usia tua.

10. Buku ‘Screw It, Lets Do It: Lessons In Life’

Buku yang ditulis Richard Branson, seorang pengusaha yang sudah menjadi miliarder, menawarkan beberapa langkah yang cukup praktis untuk menjadi sukses seperti dia. Buku ini menuliskan pengalaman pribadinya dalam meraih kesuksesan hingga seperti sekarang ini. Anda akan sangat terinspirasi dengan membaca buku tersebut.

Dengan membaca buku seputar kisah hidup orang-orang sukses dan kaya, maka pola piker kita juga akan lebih positif lagi dalam menjalani hidup untuk meraih apa yang dicita-citakan. Pelajari secara perlahan, lalu mulai praktikkan. Perhatikan juga alasan mereka mempertahankan bisnis atau perusahaan mereka hingga saat ini. Siapa tahu, ilmu yang didapat ternyata cocok untuk bidang pekerjaan yang sedang Anda jalani saat ini.

Tingkatkan Pendapatan Bukan Jam Kerja

Bagaimana Caranya Meningkatkan Pendapatan dalam Waktu Kurang dari Satu Tahun?

Banyak orang suka menggandakan gaji mereka tapi merasa itu hampir tidak mungkin.

Itulah sebabnya ketika mereka menemukan sebuah artikel dengan judul yang menjanjikan, seperti ini, mereka mengabaikan informasi yang disajikan, karena sepertinya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan.

Apa maksudnya poin ini? 

Semua manusia di dunia ini sama-sama punya 24 jam sehari, dan bagi sebagian orang, itu waktu yang selalu dianggap kurang. Namun, kalau Anda sering lembur karena ingin menjadi kaya, pikirkan efeknya – Anda jenuh atau Anda bisa sakit. Maka dari itu, meningkatkan nilai income Anda tentu jauh lebih efektif daripada menambah jam kerja Anda, bukan?

Namun, ada tindakan praktis yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan penghasilan Anda secara dramatis. Inilah beberapa tips yang dapat digunakan agar Anda dapat membuat gaji Anda naik dua kali lipat dalam waktu kurang dari setahun:

Bagi pekerja yang hanya mengandalkan pemasukan dari gaji, kini saatnya untuk melihat ke depan dengan mencari cara meningkatkan pendapatan bulannya mereka.

Terdapat banyak cara untuk membuat tambahan pendapatan dan beberapa diantaranya telah dicoba dan berhasil.

Berikut adalah cara instan meningkatkan penghasilan Anda:

1. Cari Dana untuk Penemuan Anda

Beberapa tahun terakhir, para pencipta senantiasa membutuhkan bank atau lembaga keuangan untuk merealisasikan ide dan menawarkannya di pasar. Namun kini banyak situs internet yang bisa membawa teman bahkan orang yang tak Anda kenal untuk menyumbangkan uang bagi proyek yang sedang dikembangkan.

Hal ini sudah lazim menjadi alternatid pendanaan bagi para penemu di Amerika Serikat (AS). Ambil contoh situs Kickstarter.com yang telah sukses menggalang pendanaan untuk 30 ribu proyek sejak diluncurkan perdana pada 2009.

Untuk bisa memperoleh bantuan penggalangan dana ini, Anda cukup membuat sebuah akun di situs tersebut, menggambarkan sedikit proyek yang tengah digarap, serta menawarkan imbal hasil bagi para pendonor.

2. Pekerjaan Sampingan

Pada tahun 2011 lalu, sekitar 3,6 juta penduduk AS diketahui memiliki pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan mereka. Disamping mendapat tambahan uang, pekerjaan sampingan juga bisa membantu Anda mengembangkan potensi karir atu mempelajari keahlian yang dibutuhkan pada pekerjaan utama Anda.

3. Berbagi Rumah

Salah satu cara untuk mengurangi beban sewa rumah adalah dengan mengajak penyewa lain tinggal bersama. Data sensus AS menunjukan, lebih dari 6,2 juta orang dewasa AS tinggal dengan orang yang tak ada hubungan keluarga. Jumlah ini meningkat dari posisi 5,7 juta orang pada 2007.

Sebelum memutuskan berbagi rumah, pastikan Anda bisa telah menghitung beban pajak penghasilan yang nantinya dipenuhi dari biaya sewa, tarif listrik, serta biaya perawatan. Pastikan teman penyewa Anda memahami aturan bersama dalam tempat tinggal.

4. Ubah Hobi menjadi Pundi Uang

Di AS terdapat situs khusus kerajinan sepert Etsy dan ArtFire yang tak hanya disediakan untuk para artis, tapi juga bagi masyarakat awam yang ingin menawarkan berbagai produk mulai dari furnitur hingga tas.

Banyak contoh bagaimana sebuah hobi bisa mendatangkan tambahan penghasilan untuk Anda. Jika Anda mahir menggunakan kamera, tak ada salahnya mulai menawarkan jasa pemotretan ke sejumlah organisasi atau pembuatan kartu nama.

Contoh lain diungkapkan Web Strategist Scot McIntosh yang berhasil mendapat tambahan uang dengan menjual karya tulisan lewat e-Book.

5. Menciptakan aplikasi

Dengan makin beragamnya sistem operasional telepon genggam seperti Android, iPhone, dan Windows Mobile, terbuka peluang untuk Anda menciptakan aplikasi sekaligus menjualnya untuk menambah pemasukan.

Untuk bisa menciptakan aplikasi, perusahaan seperti Google bahkan telah mempermudah proses belajar dengan mendirikan App Inventor yang bekerjasama dengan universitas terkenal AS, MIT. Sumber referensi lain untuk menciptakan aplikasi HP juga bisa diperoleh dari iPhone Application Development for Dummies atau Android Application Development for Dummies.

6. Cari untung dari Video

Tak perlu menjadi profesional untuk bisa mendapat tambahan penghasilan dari pembuatan video. Hal inilah yang dirasakan Wayne Perry ketika tanpa tujuan apapun mengunduh video rekamannya dalam situs Youtube. Dengan judul 'Bayi Mungil Pembantu Dokter Memotong Tali Pusar', video Perry ini dilihat lebih dari 750 ribu orang.

Banyaknya pengunjung Youtube yang melihat video tersebut, menarik perhatian Google yang menawarkan pemasangan iklan di awal video tersebut. Kini Perry bisa mengumpulkan US$ 1.000-1.500 per bulan dari Google Adsense.

Cara lain meraih uang dari hasil rekaman video adalah dengan mendaftar gratis pada Youtube Partner Program. Dengan menjadi anggota Anda serasa memiliki saluran video tersendiri di situs Youtube.

7. Mengumpulkan bersama pekerjaan sampingan

Bagi mereka yang bisa memiliki akses internet, peluang untuk mendapatkan tambahan penghasilan cukup besar. Bahkan mereka bisa melakukan aktivitas sesuai waktu yang ditentukan sendiri.

8. Minta kenaikan gaji

Gaji di beberapa sektor industri memang stagnan. Namun bukan tak mungkin bisa mengalami kenaikan. Khususnya jika Anda pekerja dengan kinerja terbaik.

Studi yang dibuat Towers Watson mengungkapkan, perusahaan tak ragu menaikan gaji rata-rata 4,7% pada 2013 untuk mereka yang dianggap memiliki kinerja terbaik.

Kunci untuk mendapatkan kenaikan gai adalah dengan mendokumentasikan segala hal yang bisa menunjukan kinerja terbaik Anda. Tunjukan bahwa dengan kinerja dan tingkat pendidikan, Anda telah membantu perusahaan mencetak pendapatan cukup besar.

Sebagai tambahan, penting untuk melakukan sedikit penelitian mengenai besarnya gaji yang layak Anda peroleh sesuai pendidikan, keahlian, dan pengalaman.

Investasi, Bukan Menabung

Masih banyak orang yang berpikir bahwa menabung adalah cara cepat kaya raya. Menurut saya ini cara yang keliru. Buktikan sendiri, apakah dengan cara menabung Anda bisa cepat kaya?
 
Memang cara ini tidak salah namun tentu saja proses Anda menjadi orang kaya menjadi lambat, mengapa? Perhatikan nilai uang Anda yang tidak bertambah dan bahkan cenderung menurun setiap tahun, mungkin karena inflasi dan sebagainya.

Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir. Jika Anda mempelajari dan memulai dengan cara yang tepat, Anda akan berhasil menjadi investor yang baik. 

Adapun jalan yang perlu Anda tempuh adalah sebagai berikut:

1. Mulai Dari Sekarang

Jangan menunggu sudah mapan baru berinvestasi, tetapi berinvestasilah agar menjadi mapan. Untuk itu, lakukan investasi sedini mungkin. Jika Anda sudah berumur, lakukanlah sekarang. Namun, Anda juga perlu untuk menentukan niat dan tujuan Anda dalam berinvestasi. Ada baiknya investasi dilakukan dalam jangka panjang dengan tujuan agar Anda dapat bebas finansial ketika sudah lanjut usia.

2. Lampaui Inflasi

Jika Anda mengabaikan inflasi dalam memilih sarana investasi jangka panjang, bisa jadi investasi Anda mengecil daya belinya. Menurut laporan dari Bank Indonesia, pada Agustus 2013, Indonesia mengalami inflasi sebesar 8.79% dan pada Juli 2013 8.61%. Artinya, jika Anda menanamkan uang di Bank BUMN Deposito yang memberikan bunga 5.46% untuk 1 tahun, atau bahkan di Bank Swasta non-devisa (yang terkenal dengan reputasi suku bunga yang tinggi) 7.21% untuk 1 tahun, sebenarnya Anda sedang kehilangan uang.

Bagi mayoritas orang, investasi saham atau reksadana adalah salah satu cara untuk bersaing dengan inflasi. Anda perlu memerhatikan bahwa nilai saham bisa naik dan turun kapan saja. Hal itu karena saham investasi yang paling beresiko. Namun, saham memberikan potensi keuntungan yang paling besar dan telah secara konsisten melampaui inflasi sejak tahun 1940-an.

3. Diversifikasi

Diversifikasi adalah membagi modal yang Anda miliki ke dalam beberapa aset. Contoh yang umum adalah diversivikasi di emas, saham, properti, dan surat hutang. Mengapa langkah ini perlu dilakukan? Tujuannya adalah untuk mencegah kegagalan total jika salah satu aset mengalami kerugian, karena masih ada aset lainnya yang mengalami keuntungan. Beban yang dirasakan jika mengalami kerugian pun berkurang.

4. Memilih Investasi yang Tepat

Ada berbagai jenis investasi yang bisa ditemukan di pasar saham. Saham, obligasi, deposito, dan lainnya. Nah, pilih jenis investasi yang sesuai dengan tujuan dan kemampuan Anda secara finansial. Setiap jenisnya memiliki kelebihan dan keuntungannya masing-masing, dan tentunya dengan kisaran risiko yang juga berbeda. Urutan dari jenis yang risikonya dan imbalannya tertinggi adalah saham, reksadana, obligasi, dan terakhir deposito. Untuk berinvestasi saham, kuatkan mental Anda dan pelajari lebih mendalam tentang seluk beluk berinvestasi saham secara komprehensif untuk mengetahui risikonya.

5. Mulai dengan Investasi Kecil

Mulailah berinvestasi dengan modal sedikit demi sedikit, untuk menumbuhkan rasa percaya diri Anda. Pilih investasi yang sudah terjamin dan memiliki performa yang baik selama lima hingga sepuluh tahun terakhir. Anda bisa konsultasi lebih lanjut kepada broker Anda. Untuk referensi, bacalah lebih banyak buku mengenai tips bermain saham untuk pemula atau mengikuti perkembangan saham di internet.

6. Tidak Perlu Terlalu Memonitor

Untuk tips yang satu ini mungkin terdengar aneh. Jangan terlalu sering memonitor? Kenapa? Karena justru terlalu sering memantau perkembangan investasi, bisa jadi justru membuat Anda khawatir dan takut untuk membuat keputusan. Pada dasarnya, tujuan utama berinvestasi adalah untuk membangun kekayaan dalam jangka waktu yang panjang. Jadi, apa yang terjadi dengan performa investasi Anda sehari-harinya adalah hal yang kurang relevan. Maka dari itu pantaulah investasi Anda setiap misalnya sebulan sekali.

Mengatur Keuangan dan Pengeluaran

Tidak dipungkiri ketika seseorang punya uang banyak maka yang dipikirkan adalah “uang ini mau dibelikan apa?”. Ya setidaknya berguna untuk memamerkan ke orang lain bahwa kita punya uang.

Siapa tidak suka dengan barang-barang mewah? Siapa pula yang tidak berdecak kagum dan mengatakan bahwa seseorang menjadi sukses ketika punya barang mewah? Tapi, pikirkan terlebih dahulu, apakah Anda sudah sanggup merawat barang mewah tersebut? Ini bukanlah cara menjadi orang kaya, karena hanya akan menghabiskan lebih banyak uang Anda.

Barang mewah menuntut maintenance! Belum lagi kalau Anda memberi barang mewah dengan cara menyicil, hmmm gawat. Jadi, daripada mementingkan gengsi, lebih baik bijak. Gunakan uang yang Anda punya untuk hal yang jauh lebih penting, menggunakan uang untuk barang-barang yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sebagai contoh apakah Anda sudah punya uang lebih daripada barang yang Anda punya, semisal Anda membeli mobil Eropa maka Anda tentu harus punya uang lebih besar daripada harga membeli mobil tersebut, bukan?

Kesulitan mengatur gaji bulanan, tidak hanya dialami segelintir orang saja. Banyak masyarakat modern sekarang ini, atau mungkin juga Anda mengalami kesulitan dalam mengatur gaji setiap bulan yang Anda terima. Tidak jarang malah, Anda sering kehabisan uang sebelum pertengahan bulan. Hal ini bisa jadi karena Anda tidak mengelola gaji Anda dengan baik. Namun ada cara jitu bagaimana mengelola gaji bulanan Anda dengan bijak.

Berikut 7 cara mengatur keuangan:

1. Buat Anggaran Bulanan

Rencanakan anggaran bulanan Anda. Mulailah membuat daftar pengeluaran bulanan untuk kebutuhan menjadi dua bagian. Untuk kebutuhan primer seperti makan, ongkos bekerja, tagihan listrik, cicilan rumah, cicilan motor dan lain sebagainya. Sedangkan untuk kebutuhan tersier, buatlah anggaran untuk shopping, traveling, hingga anggaran hangout dengan teman-teman atau rekan kerja Anda.  

2. Segera Bayar Tagihan

Saat mendapatkan gaji, hal yang pertama Anda lakukan adalah membayar semua tagihan Anda di awal. Dari mulai tagihan listrik, telepon, cicilan, dan lain sebagainya. Hal ini penting, agar tidak mengganggu biaya kebutuhan Anda sehari-hari. Dengan memisahkan atau membayarkannya terlebih dahulu tentu akan membuat Anda lebih tenang untuk mengatur pengeluaran bulanan lainnya.

3. Sisihkan Untuk Tabungan

Jika selama ini Anda terbiasa menyisihkan sisa gaji untuk tabungan, kali ini cobalah menyisihkan gaji untuk tabungan sebelum Anda menggunakannya untuk keperluan sehari-hari. Hal ini berguna, untuk menekan pengeluaran-pengeluaran yang tidak terlalu penting.

4. Buat Laporan Keuangan Harian

Simpanlah struk belanja yang Anda dapatkan setiap kali berbelanja. Catatlah semua pengeluaran Anda setiap harinya. Selain cara ini membantu Anda mengetahui kemana saja uang yang digunakan selama ini, ini juga dapat membantu Anda menganalisa barang-barang apa saja yang sebenarnya tidak harus Anda beli di bulan yang akan datang.

5. Miliki Dua Atau Lebih Rekening Bank

Buatlah dua rekening bank yang berbeda. Gunakan satu rekening untuk kebutuhan sehari-hari Anda seperti, menerima gaji, membayar tagihan, dan belanja. Dan untuk rekening lain dapat Anda gunakan khusus untuk menabung. Buatlah jumlah minimal berapa persen yang harus Anda tabung dari gaji bulanan Anda. Lakukan halnya seperti kewajiban yang harus Anda penuhi setiap bulannya.

6. Bijaklah Menggunakan kartu Kredit 

Kartu kredit juga dapat membantu Anda dalam mengelola keuangan, jika Anda dapat menggunakannya dengan cerdas. Misalkan, gunakan promo yang diberikan untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan, atau bisa dialokasikan untuk membayar semua tagihan-tagihan Anda. Jangan lupa untuk segera melunasi tagihan kartu kredit Anda ketika menerima tagihan kartu kredit.

7. Lakukan Perbandingan

Melakukan perbandingan antara pengeluaran dengan anggaran. Hal terakhir ini wajib Anda lakukan, untuk mengetahui apakah pengeluaran Anda sesuai dengan anggaran yang sudah dibuat, atau malah melebihi dari anggaran yang telah Anda buat. Jika yang terjadi seperti itu, sudah seharusnya Anda melakukan revisi terhadap anggaran tersebut. Bandingkan dengan catatan pengeluaran harian Anda, untuk mengetahui untuk kebutuhan apa saja Anda mengeluarkan dana yang besar.

Bijaklah Menggunakan Gaji Anda

Tidak hanya membiasakan diri mencatat semua pengeluaran Anda saja, Anda juga harus membiaskan diri untuk selalu mematuhi peraturan keuangan yang sudah dibuat. Menggunakan dengan bijak uang yang Anda terima, adalah salah satu cara menghargai usaha den kerja keras yang sudah dilakukan.

Hindari Hutang yang Tidak Menghasilkan

Kalau bisa untuk hal apapun jangan sampai berhutang, ini adalah salah satu cara cepat kaya yang mujarab. Namun, terkadang keadaan memaksa kita untuk berhutang untuk mendapatkan sesuatu yang benar-benar kita butuhkan. Bila hal ini terjadi pada Anda (berhutang), bijaklah menggunakan uang yang Anda pinjam tersebut.

Orang bijak akan menggunakan uang dari berhutang untuk membangun/ mengembangkan bisnis, dan berinvestasi, sedangkan orang bodoh berhutang hanya demi membeli barang mewah dan gaya hidup. Bisnis dan aset bisa berkembang dan menghasilkan lebih banyak uang, sedangkan nilai barang-barang mewah pasti menurun dan Anda akan mengalami kerugian. Jadi, pikirkan baik-baik penggunaan uang Anda.

Jika istri/ suami Anda ingin meminjam uang (berhutang), pastikan bahwa hutang tersebut untuk usaha atau bisnis jangka panjang, bukan untuk membeli barang mewah atau gaya hidup. Atau bila memang hutang tersebut untuk membeli sesuatu, pastikan itu untuk membeli properti.

Jangan pernah membiasakan diri untuk membeli sebuah barang mewah dengan cara mencicil. Awalnya memang cicilan terasa kecil, tapi cicilan ini lambat laun akan merusak arus keuangan Anda. Dan pada akhirnya penghasilan Anda bisa habis hanya untuk bayar cicilan.

Belajar dan Terus Belajar

Ya, cara menjadi kaya adalah proses belajar dan belajar terus, baik itu belajar dari orang lain ataupun dari pengalaman orang lain. Biasanya seseorang yang berpenghasilan 5 juta sebulan pasti hanya tahu caranya mendapatkan Rp 5 juta sebulan, lalu Anda belajar bagaimana cara mendapatkan penghasilan Rp 10 juta per bulan, lalu Rp 20 juta per bulan, begitu seterusnya.

Oleh karena itu, jangan berhenti belajar. Investasikan uang Anda untuk belajar sebuah ilmu atau pengetahuan dari orang lain agar meningkatkan pengetahuan dan ‘nilai jual’ Anda untuk meraih karir yang lebih baik.

Anda butuh ilmu yang berbeda. Jadi, bagaimana? Tentu saja Anda bisa memperluas pergaulan Anda, tinggalkan zona nyaman. Punya influencer juga bisa memotivasi Anda untuk menjadi kaya, perhatikan kata-kata mereka dan perhatikan apa saja sepak terjang mereka!

Bersyukur dan Bersedekah

Sedekah itu bukan konsep memberi sesuatu lalu berharap menerima lebih besar, itu keliru. Memberi/ bersedekah konsepnya adalah merelakan yang kita miliki kepada orang lain tanpa berharap ada imbalan. Jadi, kalau ada ketidakrelaan dalam hati lebih baik tunda untuk bersedekah.

Apa benar bersyukur dan bersedekah merupakan salah satu cara cepat kaya yang sudah terbukti? Apapun kondisi Anda saat ini, sudah selayaknya untuk tetap bersyukur kepada yang maha kuasa. Orang kaya yang memulai bisnisnya dari nol hingga sukses pasti sering bersyukur dan bersedekah.

Rasa syukur ini adalah awal yang baik untuk memulai semua kegiatan yang akan Anda lakukan jika ingin cepat kaya dan berhasil dalam setiap kegiatan. Rasa bersyukur akan membuat kita lebih mudah mendapatkan hal-hal positif yang ada di sekitar kita.

Selain bersyukur, bersedekah adalah cara Anda membantu orang lain yang lebih membutuhkan, dan ini membuat Anda bisa menyerap hal-hal positif di sekitar Anda yang akan membuat Anda cepat kaya, tidak hanya kaya hati tapi juga materi.

Di dalam diri manusia selalu ada keinginan untuk memberikan sesuatu pada orang lain. Dengan memberi, seorang manusia merasa bermanfaat bagi sekitarnya dan membuat orang tersebut menjadi lebih bahagia. Manusia yang bahagia akan bekerja lebih baik dan efektif dibanding orang yang bekerja sambil merengut. Hal inilah kemudian yang akan membuat seseorang mencapai tujuannya dengan segera, misalnya menjadi cepat kaya.

Menjadi orang kaya raya bukanlah sesuatu yang muluk-muluk, cara-cara yang disebutkan di artikel ini tentu bukan sesuatu yang muluk-muluk bukan? Cara cepat kaya dan menjadi jutawan bisa dilakukan dengan mengatur apa yang Anda punya saat ini dengan cara yang baik dan efektif.

Ingat pula! Menjadi kaya tujuannya bukan untuk dipandang orang lain, tetapi yang lebih penting adalah cara pandang Anda terhadap diri sendiri dan lingkungan sekitar. Anda yang tahu seberapa menikmati hidupkah Anda. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan uang secara bijak, bukan sekadar ambisi dan gengsi yang seringkali malah menjatuhkan seseorang. Semoga artikel ini menginspirasi.



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.