Ads Top

Rahasia Mendapatkan Uang Dari Internet Dengan Menulis Artikel

Netblogie ~ Menulis bagi seorang penulis adalah bagaimana membaktikan ilmu lewat tulisan sehingga bisa memberikan informasi berharga bagi pembaca. Selain beramal, membaktikan ilmu. Dan sebagai proses mendaya gunakan kemampuan kognitif menulis memang menjadi momok yang menarik karena mengasyikkan. Hal ini dikarenakan dengan menjalani hobi seseorang yang suka menulis bisa mendapatkan uang dari internet sebagai imbalan menarik untuk menutupi kebutuhan hidup atau sebagai mata pencaharian alternatif lainnya.

Rahasia Mendapatkan Uang Dari Internet Dengan Menulis Artikel


Untuk kamu yang masih pemula dan memang belum tahu bagaimana menjadikan hobi menulis kamu bisa menghasilkan uang, semoga tulisan ini bisa membantu kamu menemukan dan memecahkan masalah tersebut.

7 Keuntungan Menjadi Penulis Artikel Lepas

Sebelum ke strategi, saya uraikan terlebih dahulu mengapa Anda perlu memilih menjadi penulis artikel lepas. Dalam pemahaman saya, setidaknya ada 7 keuntungan yang akan Anda peroleh.

1. Fleksibilitas Waktu

Alasan pertama adalah keleluasaan (fleksibilitas) waktu. Anda tidak akan dikekang waktu sehingga bisa bekerja setelah pulang kantor, pulang sekolah, sore hari, pagi, tengah malam, atau hari libur. Dengan kata lain, waktu kerja ini disesuaikan dengan keseharian Anda.

Meskipun demikian, bukan berarti Anda akan bekerja sekehendak hati. Anda harus memperhatikan tenggat waktu pengiriman artukel yang telah ditetapkan oleh konsumen. Jadi, pandai–pandailah dalam mengatur waktu dan usahakan mengirim tulisan ke konsumen sebelum tenggat waktu tiba.

2. Fleksibilitas Tempat

Berikutnya, keunggulan menjadi penulis artikel lepas adalah fleksibilitas tempat. Tak ada aturan yang mengharuskan Anda bekerja di kantor. Anda bisa menulis di mana pun, misalnya di ruangan terbuka, kafe, lapangan, kamar, perpustakaan, atau hotel.

Ilustrasi penulis lepas

Tentu, pemilihan tempat ini disesuaikan dengan situasi dan kenyamanan Anda. Sebagai contoh, jika Anda lebih senang berada di ruang terbuka karena ide mudah muncul, sebaiknya menulis saja di tempat tersebut.

3. Mengenal Blogger dan Pemilik Situs Web Ternama

Dari segi bisnis dan kenalan, menjadi penulis lepas memungkinkan Anda untuk mengenal sejumlah blogger atau pemilik website ternama. Dengan mengenalnya, tentu Anda bisa banyak belajar dari mereka. Misalnya, cara manajemen bisnis yang tepat, manajemen waktu, pengelolaan sumber daya bisnis, atau bahkan bisa mendapatkan modal dari mereka.

Berdasarkan buku 101 Young CEO, salah satu modal dari bisnis adalah modal sosial. Modal sosial (modal kenalan) akan memberikan Anda sebuah bantuan, ilmu, atau solusi untuk permasalahan bisnis yang dimiliki.

4. Potensi Pendapatan yang Besar

Menulis merupakan salah satu keahlian yang mahal. Jika Anda melakukannya dengan antusias dan sungguh-sungguh, Anda bisa mendapatkan puluhan juta rupiah.

Harga jasa penulisan artikel blog Bahasa Indonesia pada saat ini berkisar mulai dari Rp 3.000 s.d Rp 6.000 per 100 kata. Umumnya konsumen akan memesan minimal artikel dengan 300 kata.

Mari kita hitung. Katakanlah, harga tulisan Anda Rp 3.000 per 100 kata. Jika ada blogger yang memesan artikel dengan jumlah 20 artikel dengan jumlah 700 kata per artikel, maka Anda akan mendapatkan Rp 420.000 (Rp 3.000 x 700 x 20).

Bayangkan jika dalam sebulan Anda mendapat 10 pesanan seperti di atas? Tentu, Rp 4,2 juta bisa Anda hasilkan.

5. Tidak Perlu Keluar dari Profesi Sekarang

Dengan menjadi penulis artikel lepas, Anda tidak perlu keluar dari pekerjaan Anda. Sebagai contoh, Anda seorang pegawai negeri sipil (PNS). Anda bisa mengerjakan artikel pesanan di malam hari atau setelah shalat subuh. Intinya, Anda bisa memanfaatkan waktu luang untuk mencari uang.

6. Kreatif

Dengan aktif menulis, Anda akan kreatif karena menulis itu membutuhkan kreativitas. Semakin sering Anda menulis, semakin kreatif dan meningkat keterampikan menulis Anda. Dari kreativitas dan keahlian ini, bukan tidak mungkin Anda akan menjadi penulis ternama seperti Andrea Hirata.

Selain itu, menulis juga membantu Anda menunda kepikunan. Mengapa? Karena otak Anda akan terus terasah dan terlatih.

7. Popularitas

Pernahkan Anda mendengar nama Imam Al-Ghazali? Kenapa beliau tetap terkenal hingga saat ini? Karena beliau adalah penulis.

Dengan menjadi penulis artikel lepas, Anda sedang membangun portofolio kepenulisan Anda. Jika terus dikembangkan, tidak mustahil Anda akan menjadi penulis ternama.

Cara Menjadi Penulis Artikel Lepas

Anda sudah tahu mengapa penulis artikel lepas itu menjanjikan. Kini, saatnya Anda mengetahui bagaimana caranya menjadi penulis artikel yang menghasilkan uang. Di bawah ini tahap demi tahapnya.

1. Miliki Tonggak Dasar Menulis

Jika dasarnya sudah lapuk, tentu ke atasnya juga tidak akan kokoh. Oleh karena itu, untuk menjadi penulis artikel Anda harus memahami tonggak dasar dalam menulis. Apa tonggak dasar dalam menulis tersebut? Tonggaknya adalah membaca.

Membaca merupakan proses yang akan mengantarkan Anda pada dunia ide dan membentuk gaya bahasa dari tulisan kita nantinya.

Jika Anda malas untuk membaca, yakinlah, kualitas tulisan tidak akan meningkat, sehabat apapun teknik yang Anda lakukan.

Sejak saya mulai menulis, membaca buku–buku seperti tutorial, motivasi, psikologi, dan bisnis adalah keseharian saya. Hasilnya apa? Ide–ide untuk dituliskan tidak henti mengalir. Sebagai contoh, artikel ini memiliki jumlah kata lebih dari 1000, semuanya didapatkan dengan aktif menulis dan membaca.

2. Asah Keterampilan Menulis Anda

Untuk menjadi penulis handal, Anda tidak cukup dengan membaca saja. Namun, Anda juga harus mengasah keterampilan menulis Anda. Mengasah keterampilan tersebut hanyalah dengan satu cara, yakni terus menulis dan menulis.

Temukan topik apa yang hendak tulis, bacalah materi- materi yang berhubungan dengan topik tersebut, lalu tuliskan. Setelah Anda menuliskannya, editlah agar artikel Anda semakin berkualitas.

Jika Anda ingin tahu tahap demi tahap membuat artikel berkualitas, silakan pelajari ebook yang Kang Yudiono tulis yaitu Cara Menulis Postingan Berkualitas.

3. Ajukan Tulisan pada Teman Anda

Sebelum menawarkan jasa, yang perlu dilakukan adalah meminta orang lain untuk menilai tulisan Anda. Jika penilaiannya kurang baik, jangan patah semangat teruslah berkarya dan perbaiki tulisan Anda tersebut. Jangan lupa tanyakan kepada penilai tersebut apa kekurangan dari tulisan Anda.

Jika targetnya adalah blogger, mintalah kepada blogger–blogger senior untuk menilai tulisan Anda tersebut. Bila tulisan yang Anda hasilkan sudah mulai berbobot, lanjutlah untuk menjadi seorang blogger terlebih dahulu.

4. Buat Blog untuk Tulisan Anda

Membuat blog untuk media promosi tulisan merupakan suatu keharusan. Sebelum “menjajakan” jasa penulis artikel, sebaiknya Anda juga membuat blog Anda sendiri, lalu, mengisinya dengan tulisan Anda sendiri. Apa gunanya blog tersebut?

Blog tersebut akan berguna jika calon kustomer atau pembeli Anda menanyakan atau ingin melihat artikel–artikel yang pernah Anda hasilkan. Jika mereka suka dengan tulisan Anda, maka mereka akan menjadikan Anda sebagai penulis.

Jika Anda belum tahu cara membuat blog, silakan lihat Cara Membuat Blog Gratis di Blogger dan WordPress.

5. Promosi di Berbagai Situs

Tahap berikutnya merupakan ajang untuk promosi jasa penulisan artikel. Ada beberapa situs yang cukup ampuh untuk mendatangkan kustomer, di antaranya :
  • Forum Jual Beli Kaskus
  • OLX
  • Grup Facebook
  • Sribulancer
  • co.id
  • com (melalui signature)

Cara jualan di situs–situs di atas sangatlah gampang. Buatlah portfolio jualan Anda yang profesional dengan memberikan detail kontak yang lengkap. Informasikan juga keunggulan dan keuntungan menggunakan jasa penulisan artikel Anda.

6. Buat Daftar Kustomer

Kepuasan konsumen adalah nomor satu. Apabila Anda telah mulai mendapatkan pesanan, tulislah pesanan tersebut dengan lengkap, mulai dari nama pemesan, keyword (kata kunci), jumlah pesanan, dan tenggat waktu.

7. Tetap Jaga Keaslian Tulisan Anda

Keaslian dan kualitas dari tulisan adalah hal yang utama dalam menawarkan jasa penulisan artikel. Walaupun pesanan jasa penulisan Anda telah banyak, jangan pernah sekali–kali untuk memberikan artikel hasil copy paste. Ingat, sekali Anda berbuat kecurangan, kredibilitas Anda bisa turun drastis.

8. Minta Testimoni

Jangan lupa minta testimoni kepada kustomer Anda. Testimoni ini merupakan strategi pemasaran yang paling ampuh karena bisa meningkatkan kepercayaan orang–orang pada jasa Anda.

9. Pahami dasar-dasar SEO

Karena Anda menawarkan jasa penulisan artikel untuk blog, berarti Anda harus paham juga dengan yang namanya SEO. Anda tidak harus mempelajari teknik-teknik yang rumit, cukup pelajari dasarnya saja terlebih dahulu, seperti riset kata kunci dan optimasi on page. Baca juga 3 Pilar Utama dalam Belajar SEO.

10. Tepat Waktu

Mengirimkan tulisan tidak tepat waktu tanpa alasan yang jelas pada kustomer Anda adalah kesalahan yang fatal. Oleh karena itu, usahakan mengirimkan artikel minimal 1 hari sebelum tenggat waktu.

Seandainya telat, misalnya Anda sakit atau ada bencana, infomasikan hal tersebut pada kustomer. Jika mereka tidak senang, sebaiknya kembalikan uang mereka demi menjaga profesionalisme dari diri Anda.

Menjadi penulis artikel lepas adalah salah satu strategi yang bisa Anda coba untuk menghasilkan uang tanpa keluar dari pekerjaan Anda. Strategi ini sederhana, namun Anda perlu kerja keras di awalnya. Cobalah langkah demi langkah yang sudah saya uraikan di atas sekarang juga. Saya optimistis Anda bisa menjadi seorang penulis artikel lepas yang menghasilkan uang.

6 Tempat Menulis Artikel Untuk Mendapatkan Uang

Ada banyak mendapatkan uang di internet dengan menulis artikel yang bisa anda coba. Berikut ini beberapa cara menghasilkan uang dengan menulis artikel yang bahkan bisa dilakukan oleh seorang pemula sekalipun:

1. Menulis di Vebma

Vebma.com adalah sebuah Platfrom menulis yang diluncurkan sejak tahun 2016 kemarin. Sama seperti Babe News dan UC News, Vebma juga membuka peluang yang sama bagi setiap penulis (Content Writter) untuk menulis di Vebma dan mendapatkan uang dari aktivitas menulis tersebut.

Jika di Babe News per artikel yang terbit kita akan mendapatkan bayaran sebesar 50.000 - 100.000 IDR, UC News dengan minimal 1.000 view mendapatkan 60.000 IDR, maka di Vebma setiap artikel yang terbit kita akan langsung mendapatkan bayaran sebesar 10.000 IDR.

Bayaran tersebut masih dapat bertambah untuk setiap satu artikel apabila mencapai per 1.000 view.

Hal ini dikarenakan vebma menggunakan sistem CPM (Cost Per Mile) dimana sistem tersebut akan menghitung setiap per 1.000 jumlah view artikel. Penulis akan mendapatkan bayaran tambahan sebesar 1.200 IDR.

Artinya jika kita sebagai Penulis Vebma mendapatkan kunjungan atau jumlah view artikel sebesar 100.000 views, berarti kita akan mendapatkan bayaran sebesar 120.000 IDR ditambah dengan 10.000 IDR dari bayaran artikel yang dipublikasikan di Vebma.

Jadi, pendapatan total dari 1 artikel terbit yang mencapai 100.000 views kita akan mendapatkan bayaran sebesar 130.000 IDR (120.000 + 10.000).

Sistem menulis di Vebma tidak terlalu berbeda dengan sistem menulis di Babe News dan UC News. Dimana kita harus menulis artikel yang benar-benar original berdasarkan topik dan pembahasan tertentu yang ada pada platfrom tersebut.

Ingin mengenal dan mengekplorasi Vebma lebih lengkap silakan langsung ke www.vebma.com

Mulailah membuat akun dan tulisan pertamamu disana, dan mulailah menghasilkan uang dari kegiatan menulis dan hobi kamu.

2. Menulis Artikel Di Blog

Cara paling umum yang dilakukan banyak orang untuk mendapatkan uang dari menulis artikel yaitu menjadi seorang blogger. Menjadi seorang blogger tidaklah terlalu sulit, anda hanya perlu menulis konten sendiri dan dipublikasikan di blog yang anda kelola. Tapi proses mendapat uang dari menulis artikel di blog ini terbilang cukup lama. Anda butuh waktu berbulan – bulan untuk membangun blog, menulis konten, hingga tulisan anda layak untuk diajukan dan di setujui oleh adsense untuk mendapatkan uang.

Sederhananya adalah anda menulis konten / artikel di blog. Kemudian bila anda sudah mengajukan dan disetujui oleh google adsense, maka blog anda akan bisa menayangkan iklan dari google. Iklan itulah yang nantinya akan menjadi sumber pendapatan anda dari internet. Anda harus sering membuat berbagai artikel yang menarik agar blog anda ramai dikunjungi. Semakin ramai blog anda dikunjungi maka semakin banyak pula uang yang terkumpul. Anda bisa melakukan penarikan uang ke rekening anda jika saldo anda sudah mencapai $ 100.

3. Menulis Artikel Di Jalan Tikus

Situs ini menawarkan penghasilan besar dari kegiatan menulis dengan berbagai kategori tema yang bisa anda pilih. Untuk dapat menghasilkan uang yang banyak anda harus membuat artikel sebanyak mungkin. Nantinya dalam waktu sekitar 2 minggu artikel anda akan dicantumkan layak terbit atau tidak. Jika artikel yang anda buat sudah dipastikan layak terbit maka anda akan mendapatkan uang sebesar Rp 50.000,- per artikel.

4. Menulis Artikel Di Babe News

Selanjutnya Anda dapat mencari uang di internet dengan menulis artikel di Babe News. Situs ini hampir sama dengan Jalan Tikus. Jika tulisan yang anda buat layak diterbitkan, anda akan mendapat upah sebesar Rp 50.000,- per artikel. Anda juga bisa melakukan penarikan uang ke rekening anda jika saldo anda sudah mencapai Rp 200.000,-.

5. Menulis Artikel Di UC News

Hampir sama dengan situs – situs sebelumnya. Hanya saja jika sebelumnya dibayar dengan rupiah, di UC News ini anda akan dibayar dengan dolar. Jika anda berhasil menerbitkan satu artikel dengan 1000 view, maka anda akan mendapat uang sebesar $ 4,5 atau setara dengan Rp 60.000,-.

6. Menulis atau Menjadi Penulis Freelancer

Mendapatkan uang dengan menjadi penulis freelancer biasanya kamu harus terdaftar pada salah satu website yang membuka program freelance. Dimana pada website tersebut kamu bisa menempatkan profil kamu dan mengajukan diri menjadi penulis di sana.

Kemudian bila ada orang yang membutuhkan jasa penulis biasanya kamu akan mendapatkan info pemberitahuan dari aplikasi bahwa ada seseorang yang membutuhkan seorang menulis untuk menulis artikel tertentu.

Disana akan ada informasi yang dibutuhkan seperti tulisan jenis apa yang diminta, jumlah kata, serta bagaimana harga yang akan dibayar.

Bila kamu tertarik pada ajakan tersebut kamu bisa mengajukan diri dan bila diterima. Maka kamu harus memenuhi permintaan klien tersebut. Jika tulisan kamu sukses dan diterima dengan baik oleh klien kamu akan mendapatkan bayaran sesuai kesepakatan yang telah dibuat sebelumnya antara kamu dan klien.

Tertarik ingin menjadi penulis Freelancer? Kamu bisa mencobanya dengan mendaftar di freelancer.com, siapkan profil dan keahlian kamu di sana. Dapatkan klien dan jadilah penulis freelancer hingga kamu bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah atau pendapatan online kamu dari menulis.

Penutup

Sebenarnya banyak sekali media periklanan-periklanan yang bisa kamu gunakan, namun kami lebih rekomendasikan Google Adsense, karena lebih aman dan tentunya terpercaya. Untuk memulainya, kamu harus memiliki blog yang cukup umur alias 6 bulanan dan memiliki konten yang berkualitas.

Setelah itu kamu baru bisa mendaftarkan blogmu ke media periklanan Google Adsense ini. Banyak sekali yang sudah menjadi Jutawan dan sukses dalam Google Adsense ini. Ini sangat cocok sekali untuk hobi menulismu. Jadi hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membangun sebuah blog.

Selain itu ada banyak peluang kerja menulis yang bisa Anda temukan saat ini. Namun, selalu pastikan bahwa Anda menguasai dengan baik bidang menulis yang Anda pilih. Hal ini akan membuat Anda lebih nyaman dan bisa bekerja dengan maksimal. Bukan hanya itu, Anda juga bisa lebih mudah untuk mendapatkan uang.

Nah itu dia cara mendapatkan uang dari menulis. Jadi kamu pilih cara yang mana? Silahkan beri komentar.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.