Ads Top

Cara Membuat Iklan Adsense Matched Content

Netblogie ~ Sudah punya akun Adsense? Jika sudah Anda dapat terus membaca artikel ini, namun jika belum silakan Anda mendaftar dulu ya. Nah pada kesempatan ini saya akan mengulas cara mendapatkan iklan google adsense Matched Content atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Iklan Tersuai.


Pernah mendengar iklan tersebut? Mungkin sebagai pemula di Adsense  Anda belum mengetahui iklan adsense Matched Content ini. Bagi yang udah mastah pasti sudah mengetahui kelebihan jenis iklan yang satu ini.

Sepintas klan Matched Content ini tampilannya mirip-mirip dengan widget Related Post yang berguna untuk memudahkan pengunjung blog Anda melihat konten yang sesuai dengan artikel yang sedang mereka baca.

Apa Itu Fitur Matched Content?

Konten yang sesuai adalah alat rekomendasi gratis yang menawarkan cara mudah untuk mempromosikan konten Anda kepada pengunjung situs. Dengan menawarkan lebih banyak konten yang relevan kepada pembaca, Anda dapat meningkatkan tampilan laman situs, waktu yang dihabiskan di situs, loyalitas pembaca, tayangan iklan, dan pada akhirnya pendapatan iklan.

Fitur Google Adsense Matched Content

Rekomendasi Konten yang sesuai didasarkan pada kesamaan topik dan disesuaikan untuk pembaca. Beberapa eksperimen yang saya lakukan menunjukkan bahwa rekomendasi konten yang sesuai secara rata-rata meningkatkan jumlah laman yang ditayangkan sebesar 9% dan waktu yang dihabiskan di situs sebesar 10%. Lihat entri blog Inside AdSense ini untuk informasi selengkapnya. Konten yang sesuai: didesain untuk melibatkan pengguna dan meningkatkan durasi pengunjung.

Dengan unit Konten yang sesuai, Anda memilih halaman yang diinginkan untuk menampilkan rekomendasi, lalu AdSense akan mempromosikan artikel di situs Anda yang paling relevan bagi pembaca halaman tersebut.

Beberapa hal penting yang harus diketahui tentang unit Konten yang sesuai:
  • Unit Konten yang sesuai menghadirkan konten yang relevan kepada pengguna situs, yang membantu meningkatkan tampilan laman dan waktu yang dihabiskan di situs.
  • Anda dapat menempatkan unit Konten yang sesuai di laman mana pun pada situs yang layak.
  • Rekomendasi bersifat internal, misalnya, apabila Anda memiliki dua situs abc.com dan xyz.com, rekomendasi yang kami buat untuk setiap situs akan bersifat internal bagi situs tersebut. Perhatikan bahwa kami hanya membuat rekomendasi dari laman yang memiliki iklan Google atau unit Konten yang sesuai.
  • Unit tersebut berfungsi pada ponsel, tablet, dan desktop.
  • Untuk situs yang sebagian besar artikelnya tidak memiliki gambar, unit Konten yang sesuai akan ditampilkan dalam format hanya teks.
  • Kebijakan program AdSense tetap berlaku untuk halaman yang berisi unit Konten yang sesuai.
  • Unit tersebut tidak valid untuk digunakan dalam eksperimen.
  • Dalam video ini, kami membahas tentang konten yang sesuai, cara memeriksa apakah situs Anda memenuhi syarat, dan memandu Anda untuk membuat unit konten yang sesuai.

Apakah Situs Anda Layak menggunakan Iklan Matched Content?

Konten yang sesuai tersedia untuk penayang tertentu. Agar dapat menggunakan Konten yang sesuai, Anda harus memiliki situs yang memenuhi persyaratan minimum kami dari segi volume traffic dan jumlah halaman unik. Kami memberlakukan persyaratan ini untuk memastikan bahwa Konten yang sesuai memberikan pengalaman hebat bagi pengunjung. Periksa halaman Iklan di akun AdSense untuk melihat apakah Anda dapat membuat unit Konten yang sesuai.

Bergantung pada situs Anda, kelayakan akan menjadi salah satu dari berikut ini:

Saat ini belum layak untuk menggunakan Konten yang sesuai

Situs Anda belum memenuhi persyaratan minimum untuk volume trafik dan jumlah halaman yang unik.

Layak untuk menggunakan Konten yang sesuai

Situs Anda memenuhi persyaratan minimum kami dari segi volume traffic dan jumlah halaman unik.
Selain itu, Google akan menampilkan iklan di antara rekomendasi Konten yang sesuai. Opsi "Monetisasi dengan iklan" diaktifkan secara default, namun dapat dinonaktifkan (saat membuat atau mengedit unit Konten yang sesuai) jika Anda tidak ingin menampilkan iklan.

Perhatikan bahwa jika situs Anda tidak dapat dimonetisasi dengan baik, Google tidak akan menampilkan iklan di unit Konten yang sesuai meskipun "Monetisasi dengan iklan" diaktifkan.

Menampilkan iklan di unit Konten yang sesuai

Menampilkan iklan di unit Konten yang sesuai dapat membantu memonetisasi situs Anda lebih lanjut. Berikut ini contoh unit Konten yang sesuai yang menampilkan iklan dan rekomendasi. Iklan ini memiliki label "Iklan".

Saat memonetisasi unit Konten yang sesuai, perhatikan bahwa:
  • Iklan hanya akan ditampilkan ketika iklan yang sesuai tersedia.
  • Iklan akan mengganti beberapa rekomendasi di unit Konten yang sesuai.
  • Unit Konten yang sesuai yang lebih kecil dengan hanya satu slot rekomendasi tidak akan menampilkan iklan.
  • Gaya iklan akan disesuaikan untuk melengkapi tampilan dan nuansa rekomendasi konten.
  • Anda dapat melacak pendapatan yang dihasilkan oleh iklan di unit Konten yang sesuai dengan menampilkan laporan Unit iklan di halaman Laporan Anda.
Memeriksa apakah situs Anda valid untuk Konten yang sesuai

Situs Anda harus terlebih dahulu memenuhi persyaratan minimum dalam hal volume traffic dan jumlah halaman unik agar valid untuk Konten yang sesuai. Anda dapat mengetahui apakah situs Anda valid untuk Konten yang sesuai dengan memeriksa halaman Situs di akun AdSense Anda.

Untuk memeriksa apakah situs Anda valid:
  1. Login ke akun AdSense.
  2. Klik Situs.
  3. Klik Konten yang sesuai.
  4. Jika tidak melihat Konten yang sesuai di bagian "Situs", saat ini Anda tidak valid untuk menggunakan Konten yang sesuai.
  5. Pada halaman "Konten yang sesuai", periksa untuk melihat apakah situs Anda tercantum:
    • Apabila situs tercantum, Anda dapat menempatkan unit Konten yang sesuai di setiap halamannya.
    • Jika tidak tercantum, artinya situs Anda saat ini tidak valid untuk Konten yang sesuai.
Jika setidaknya salah satu situs Anda valid, Anda akan melihat opsi untuk membuat unit Konten yang sesuai pada halaman Iklan di akun Anda.

Google rutin memeriksa validitas situs. Jika situs Anda belum dianggap valid, silakan periksa lagi nanti saat Anda memiliki lebih banyak traffic dan/atau halaman unik.

Apabila situs Anda merupakan subdomain

Perhatikan bahwa untuk subdomain (mis. m.example.com, forum.example.com, dll.), rekomendasi yang kami hasilkan berada di seluruh domain level teratas. Misalnya, jika Anda menempatkan unit Konten yang sesuai di subdomain example.exampleblog.com yang valid, unit Konten yang sesuai akan menyertakan rekomendasi untuk semua subdomain exampleblog.com.

Apabila Anda memiliki beberapa situs

Apabila Anda adalah penayang yang memiliki beberapa situs, Anda mungkin menemukan bahwa hanya beberapa situs Anda yang valid untuk Konten yang sesuai. Dalam hal ini, kami meminta Anda untuk menempatkan unit Konten yang sesuai di situs yang valid saja. Jika Anda menempatkan unit Konten yang sesuai di situs yang tidak valid, kami tidak dapat mengisi unit dengan rekomendasi.

Membuat unit Konten yang sesuai

Konten yang sesuai adalah layanan gratis yang mempromosikan konten yang relevan dari situs Anda kepada pengunjung situs. Layanan ini dapat membantu meningkatkan tampilan laman dan waktu yang dihabiskan oleh pembaca di situs Anda.
Perhatikan bahwa Anda tidak dapat membuat unit Konten yang sesuai dengan mengedit jenis iklan dari unit iklan yang ada. Untuk membuat unit Konten yang Sesuai, ikuti langkah-langkah berikut.
Cara membuat unit Konten yang sesuai baru:
  1. Login ke akun AdSense.
  2. Klik Iklan.
  3. Klik Unit iklan.
  4. Klik +Unit iklan baru.
  5. Pilih Konten yang Sesuai.
  6. Gunakan drop-down di pojok atas area pratinjau untuk melihat situs Anda yang valid untuk Konten yang sesuai. Pelajari lebih lanjut situs yang layak
  7. Namai unit Konten yang sesuai.
  8. Di bagian "Gaya", ubah gaya unit Konten yang sesuai agar sesuai dengan situs Anda.
  9. Di bagian "Ukuran", pilih ukuran iklan yang sesuai dengan tata letak Anda.
    • Sebaiknya gunakan tata letak responsif. Tata letak responsif dibedakan berdasarkan lebar penampung dan ukuran layar (misalnya, di seluler, desktop, tablet, dsb.). Anda dapat melihat bagaimana perubahan unit Konten yang sesuai di berbagai penampung menggunakan tuas seret di area pratinjau.
    • Saat menggunakan ukuran khusus, sebaiknya pilih ukuran iklan dengan rasio lebar:tinggi sekitar 2:1 untuk tata letak horizontal, atau 1:2 untuk tata letak vertikal. Sebaiknya jangan gunakan ukuran iklan spanduk tradisional, seperti 728x90 untuk Konten yang sesuai. Perhatikan bahwa tinggi atau lebar ukuran kustom Anda tidak boleh melampaui 1.200 piksel, dan hanya 1 dimensi yang boleh lebih besar dari 600 piksel.
  10. Di bagian "Opsi iklan", biarkan Monetisasi dengan iklan aktif kecuali jika Anda lebih memilih untuk tidak menampilkan iklan di unit Konten yang sesuai.
  11. Perhatikan bahwa dengan menggunakan fitur ini, Anda setuju untuk mengizinkan Google mencoba berbagai jenis iklan dan mengoptimalkan jumlah, format, dan ukuran iklan di unit Konten yang sesuai.
  12. Klik Simpan dan dapatkan kode.
  13. Salin dan tempelkan kode iklan tersebut ke kode sumber HTML halaman mana pun di situs Anda yang disetujui. 
Saat setelan Konten yang sesuai menyebar di seluruh sistem kami, iklan standar mungkin ditayangkan di unit Konten yang sesuai. Untuk menghindari masalah ini, tunggu 15 menit sebelum menempatkan kode ini di situs Anda.

Penempatan unit Konten yang sesuai

Unit Konten yang sesuai paling bagus untuk situs dengan halaman konten yang lebih panjang, seperti artikel yang mendalam, yang memiliki gambar terkait. Perhatikan bahwa Anda dapat mendorong performa iklan dengan menempatkan iklan di dekat unit Konten yang sesuai.

Penempatan unit Matched Content

Perlu diketahui bahwa fitur Matched Content ini bertujuan untuk meningkatkan PV bukan untuk menambah earning Adsense. Jadi seberapa sering pun orang mengklik Matched Content milik kita tidak akan menambah jumlah earning. Tapi perlu di ingat juga jika PV meningkat otomatis pendapatan atau earning Adsense akan meningkat pula.

Penjelasan di atas merupakan gambaran umum mengenai fitur dan cara mendapatkan Iklan Adsense Matched Content dari Google Adsense. Jika Anda belum mendapatkan fitur ini dan memasangnya maka sebaiknya bersabar dan lebih fokus membangun blog.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.