Ads Top

Kisah Sukses 5 Pengusaha Online Dunia Yang Mencengangkan

NBDC ~ Kisah sukses para miliarder sebagai pengusaha online terjadi diluar dugaan banyak orang, tak disangka mereka mendapatkan banyak harta dan terkenal.

Kisah Sukses Pengusaha Online Dunia | NBDC

Diantara mereka dulu hanya memiliki pekerjaan yang biasa saja. Bahkan orang seperti Bill Gates, Mark Zuckerberg tak lulus kuliah dan dikeluarkan dari universitas.

Mereka dulu bukanlah siapa-siapa. Dilihat dari pekerjaannya pun, tak ada yang menyangka mereka bisa jadi miliarder. Siapa saja? berikut 5 miliarder yang sukses di menjalankan bisnis online:

1. Kisah Sukses Pendiri Alibaba.com

Image Perawakannya kecil dan penampilannya kurang meyakinkan.Tapi jangan salah, Jack Ma memiliki prestasi bisnis yang luar biasa. Membangun Alibaba Group dari nol hingga jadi perusahaan e-commerce terbesar di China.

Siapa sangka, sebelum 1995, Ma, mantan guru bahasa Inggris ini sama sekali tidak pernah menyentuh barang bernama komputer.

Namun sekarang, dialah pengusaha intemet sukses pemilik perusahaan e-commerce yang mampu bersaing dengan eBay.

Tidak hanya prestasi yang lebih besar dari sosoknya, ambisi Ma tidak kalah besar. "Dalam lima tahun ke depan,salah satu dari lima perusahaan internet terbesar di dunia akan berasal dari China, dan saya harap kami akan menj adi salah satu itu," kata Ma, 42 kala itu.

Untuk ekspansi bisnisnya, Ma yang dikenal sebagai "Bos Besar" di industri internet China, saat ini tengah bersiap- siap listing di pasar saham.

Ma menyewa konsultan NM Rothschild, bank investasi,demi menggalang dana sebesar USD1 miliar. Meskibelum dikonfirmasi secara publik, namun rencananya Alibaba ingin melakukan initial public offering (IPO) di Hong Kong atau di New York, sebagai alternatif.Goldman Sachs and Morgan Stanley memprediksikan, harga yang ditawarkan dalam IPO Alibaba akan menjadi yang terbesar di industri internet China. Jika benar, bisnis Alibaba nilainya bisa mencapai USD 4 miliar.

Ketika eBay merambah ke China pada 2002, banyak perusahaan e-co. mmerce China patah arang dan sudah tidak mungkin lagi bagi mereka untuk bersaing di pasar.Namun, Ma sangat jauh dari pikiran semacam itu.

Dia tetap percaya diri, bahkan berani bersaing dengan raksasa e-commerce asal Amerika Serikat (AS) itu.

Baginya,ada satu hal yang tidak dimilild eBay,namun menjadi senjata utamanya. Ma memiliki akar bisnis yang kuat di China, yaitu kepercayaan mereka.

"Di China saat ini bukan teknologi yang terpenting, namun bagaimana kita memiliki kedekatan dengan pelanggan dan mengerti keinginan mereka," ujar Ma.

Semua kisah sukses Ma berawal pada 1995. Saat itu, dia mendirikan China Pages, perusahaan berbasis intemet pertama di China.

Kemudian, dia menerima undangan dari Kementerian Perdagangan Luar Negeri dan Kerja Sama Ekonomi China (MOFTEC) untuk mengepalai Departemen Informasi di Pusat Perdagangan Elektronik Intemasional China (CIECC).

Pada Maret 1999, Ma dan timnya yang berjumlah 18 orang meluncurkan sebuah situs bernama Alibaba.com di apartemen Ma di Hangzhou, Provinsi Zhejiang.

Dengan situs ini, Ma berangan-angan menciptakan sebuah fasilitas yang memudahkan aktivitas bisnis pengusaha kecil dan menengah.

Setelah mengalami berbagai pasang surut, bisnis Ma akhirnya menunjukkan hasil.Seperti tantangan yang dihadapi perusahaan intemet business to business (B2B) lain di dunia, kepercayaan konsumen merupakan kuncinya.

Dengan cepat mempelajari kesalahan dan cepat melakukan perbaikan, Alibaba.com sedikit demi sedikit dapat bangkit dan tumbuh besar.

Di bawah kepemimpinan Ma, Alibaba kemudian berkembang pesat dan mencapai puncaknya pada Oktober 2005. Saat itu, Alibaba menjalin kerja sama dengan Yahoo!.

Dengan dana sebesar USD1 miliar,Yahoo! membeli 40% kepemilikan Alibaba, sedangkan Ma mengambil alih operasi Yahoo! di China.Dari situ terbentuklah Alibaba Group.

Perusahaan ini terdiri atas situs maya e-commerce global, Alibaba.com dan Taobao, search engine (Yahoo! China), pembayaran online (Alipay), dan bisnis perangkat lunak (Alisoft).

Bermula dari 19 personel di apartemen milik Ma,sekarang Alibaba Group sudah memiliki lebih dari 5.000 orang pegawai yang melayani jutaan pengguna jasa bisnis di seluruh dunia.

Ma sangat bangga dengan jati dirinya sebagai seorang warga negara China dan berkembang besar di China."Saya 100% besar di China.Saya belajar sendiri bahasa Inggris di China, dan saya tidak pernah belajar di luar China," katanya. Mengenai belajar autodidak Bahasa Inggris, pengakuannya tidak main-main.

Ketika masih muda, dia rela bersepeda selama 45 menit setiap hari ke sebuah hotel tempat menginap para wisatawan asing. Hal itu dia lakukan demi melatih kemampuan bahasa Inggrisnya dengan wisatawan asing.

Dalam menjalankan bisnis,referensi Ma tidak seperti pengusaha kebanyakan. Ma tetap berpegang pada identitas dirinya sebagai orang China.

Dia banyak terinspirasi penulis novel persilatan serta pahlawan kuno China,Jin Yong. "Buku Jin Yong mengajarkan saya bahwa apa pun yang kita inginkan untuk menjadi orang hebat,atau perusahaan hebat,kita harus bekerja keras. Dan untuk menang,kita harus berpikir di luar kotak,"

2. Kisah Sukses Pendiri Google

Google lahir dari sebuah pertemuan tanpa disengaja dari Larry Page dan Sergey Brin di Universitas Stanford . Pada Januari 1996 Lary dan Sergey mulai melakukan kolaborasi dalam pembuatan Search Enggine yang diberi nama BackRub.

Tahun 1998 Teknologi Search Enggine itu terus di sempurnakan, keduanya mulai mencari Investor untuk mengembangkan kecanggihan teknologi mesin pencari mereka.

Sehingga, mereka mendapatkan suntikan dana dari Andy Bechtolsheim teman kampus sekaligus pendiri Sun Microsystem. Sebuah cek senilai 100 ribu dolarAS, yang uniknya di cek itu tertulis atas nama Google yang bahkan pada saat itu belum didirikan oleh Sergey dan Larry.

Larry dan Sergey sebelumnya pernah menawarkan kemungkinan dengan Alta Vista, tetapi ditolak dengan alasan perusahaan indu Alta Vista yaitu Digital Equipment Corp tidak suka bergantung pada orang dari luar perusahaan.

Investor di Silicon Valley, Michael Moritz (Sequa Capital) dan Jhon Doer (Kleiner Perkins) yang saling berkompetisi akhirnya bisa diyakinkan untuk menyuntik modal senilai 12,5 juta dolar AS ke perusahaan Google yang pada 7 Desember 1998 ini didirikan.

Kantor pertamanya adalah sebuah ruang garasi rumah teman mereka di Menlo Park, California. Pada tahun 1999, Google pindah ke kantor di 165 University Ace Palo Alto California sebelum akhirnya pindah ke Googleplex pada akhir tahun tersebut.

Larry dan Sergey terus menjalankan mesin pencari Google hingga tahun 2001. Setelah itu mereka merekrut Eric E. Schdimt untuk menjadi ketua umum dan CEO Google.

Google kini menj adi perusahaan yang paling berpengaruh di Internet, termasuk karena Blogger.com sudah mereka kuasai.

Googleplex menjadi tempat kerja yang sangat nyaman, karena dilengkapi sarana dan prasarana yang lengkap seperti kolam renang, bar, billiard room, futsal, voli pantai, makanan gratis, minuman kesehatan cuma-cuma, dan cemilan yang melimpah.

Terlebih lagi, suasana kerja yang rileks karena karyawan google diperbolehkan untuk hanya mengenakan kaus dan celana jeans, sehingga apabila ketika kita datang ke googleplex dan melihat sesorang yang mengenakan pakaian resmi, jas dan sebagainya, hampir bisa dipastikan dia adalah Tamu.

Satu lagi yang menarik, di Google diterapkan sistem , karyawan diberikan 20 % waktu kerja mereka untuk bebas mengerjakan apa yang di minati-nya - kira-kira dalam 1 minggu sehari. Sehingga kreativitas karyawan meningkat, dan lahirlah seperti misal google earth dll. Dengan begitu google sangat konsen pada Sumber Daya Manusia yang mereka miliki.

Sebuah artikel yang ditulis oleh seorang wartawan dari Fortune, Freg Vogelstein, berjudul " Why Google Scares Bill Gates " menjelaskan persaingan antaran Google dengan Microsoft.

Ini membuktikan betapa‘hebatnya google saat ini, sehingga raksasa seperti Microsoft yang sudah berusia 25 tahun lebih, menerapkan berbagai strategi untuk bersaing dengan Google.

Ini terlihat nyata, dengan rencana akusisiYahoo.com oleh Microsoft baru-baru ini, meskipun akhirnya kandas.

Di balik itu, Google juga melakukan kerja-kerja filantropis ( sosial ) dengan mendirikan Google.org. Misi dari organisasi itu adalah membantu kampanye soal perubahan iklim, pemanasan global, juga kesehatan dan keMiskinan global. Direktur dari Google.org ini adalah Dr. Larry Brilliant.

3. Kisah Sukses Pendiri Amazon.com

Amazon.com ialah toko online yang menjual buku, film, permainan, DVD, CD musik, perangkat lunak komputer dan barang lain. Merupakan toko online terbesar untuk saat ini.

Pada awalnya terjadi pada bulan Mei tahun 1994. Seorang lelaki berusia 30 tahun sedang duduk di depan kantor di gedung lantai 39 di pusat kota Manhattan, yang sedang mengeksplorasi teknologi yang masih sangat muda yaitu Intenet.

Kemudian, ia melihat dengan hampir tidak percaya, bahwa Internet sedang mengalami angka pertumbuhan sebesar 2300% setia.p tahun.

Angka tersebut bagaikan membangunkan Jeff Bezos dari tidur sehingga membuatnya berpikir keras untuk menentukan bisnis apa yang paling tepat untuk menangkap peluang yang besar ini.

Sambil memikirkan bisnis yang akan diambilnya, Bezos pada saat itu merupakan salah satu pekerja di D.E. Shaw.

Bezos lulus dari Universitas princeston, di bidang Teknik Elekro dan Ilmu Komputer. Sebenarnya ia memilih jurusan tersebut adalah di luar rencananya.

Semula ia memilih Princeston karena memiliki Departemen Fisika yang legendaris. Setelah lulus pekerjaan pertama yang dilakoninya adalah di Fitel, perusahaan yang baru berdiri yang membangun sebuah jaringan untuk menangani perdagangan keuangan internasional.

Ia menghabiskan waktu sekitar 2 tahun di sana. Bagaimana sejarahnya Bezos berhasil mengambil manfaat dari ledakan dunia online tersebut?

Internet mulai menjadi wilayah perdagangan bebas sampai tahun 1994 yang dimuat oleh Departemen Pertahanan untuk menjaga jaringan komputer mereka agar bisa senantiasa berkomunikasi dalam hal pendeteksian serangan nuklir.

Jaringan tersebut kemudian berevolusi menjadi sebuah jaringan yang menggabungkan lembaga penelitian di universitas dan pemerintah sehingga dapat bertukar pesan dan data melalui berbagai macam platform.

Pemerintah memutuskan untuk mengembangkan bisnis di Internet dan mengizinkan perusahaan swasta untuk ikut bergabung dan mengembangkan bisnis online ini.

Bezos lalu melakukan penelitian terhadap perusahaan yang melakukan pemesanan lewat surat, dan membandingkan bahwa hal serupa dapat dilakukan dengan lebih baik secara online.

Ia membuat daftar 20 produk terkemuka yang dapat dipesan lewat surat dan Bezos mengamati metode tersebut dapat memberikan nilai pelayanan terbesar kepada konsumen. Bezos menyadari bahwa ia harus membangun toko buku online sendiri.

Pernah ia membicarakan gagasannya dengan MacKenzie. Hingga akhirnya pada tanggal 16 Juli 1995, Amazon.com membuka situnya ke seluruh dunia. Selama 30 hari masa percobaanm, dengan tanpa publikasi, Amazon berhasil menjual buku ke 50 negara bagian dan 45 negara.

Selanjutnya, perusahaan ini tumbuh dan terus tumbuh. Amazon berkembang begitu cepat dan sangat mengejutkan Jeff Bezos. Pada bulan mei 1996, Amazon diulas pada halaman depan media Wall Street Journal.

Dengan semakin berkembangannya Amazon memiliki beberapa cabang site di 6 negara, yaitu: Canada, United Kingdom, Germany, Japan, France, and China.

4. Kisah Sukses Mark Zuckerberg Pendiri Facebook

Zuckerberg mulai menggunakan komputer dan mulai mengembangkan aplikasi saat dia ada di SMA. Ayahnya mengajari bahasa pemrograman Atari yaitu BASIC di tahun 1990an. Ayahnya memanggil pengembang software bernama David Newman sebagai guru les privat.

Zuckerberg sangat senang mengembangkan aplikasi, khususnya aplikasi untuk komunikasi dan permainan. Salah satu aplikasi yang dikembangkan Zuckerberg adalah ZuckNet, aplikasi untuk berkomunikasi internal.

Dalam perkembangannya Zuckerberg mengembangkan beberapa aplikasi permainan. Salah satu aplikasi yang cukup terkenal buatan Zuckerberg adalah Synapse Media Player (mendapatkan rating 3 dari 5 PC Magazine).

Teman-teman ini topik yang kita tunggu yaitu kisah sukses Mark Zuckerberg pendiri Facebook. Facebook pernah diangkat ke dalam layar lebar dengan judul The Social Network. Berikut ini trailer dari film Mark Zuckerberg.

Facebook pertama kali dari dijalankan dari kamar asrama di Harvard (perguruan tinggi di Amerika) pada tanggal 4 February 2004. Facebook terinspirasi dari Phillips Exeter Academy (kursus persiapan untuk memasukin kuliah).

Akademi ini mempublikasikan data-data mahasiswa/I nya yang lulus. Di Indonesia hal ini dikenal dengan buku tahunan (tetapi dibuat versi digital). Sama seperti di Indonesia buku tahunan isinya hal-hal lucu dan menarik, ada foto-foto acara, nama, alamat, email, telepon dan lainnya.

Facebook pertama kali dibuat dengan nama “Harvard Thing”. Nama tersebut berubah ketika Zuckerberg memutuskan untuk menduplikasi aplikasi yang sama untuk perguruan tinggi lainnya. Zuckerberg meminta teman sekamarnya Dustin Moskovitz untuk menyebarkan aplikasi Zuckerberg. Mereka memulai dari Columbia, New York Univeristy, Stanford, Dartmouth, Cornell, Penn, Brown dan Yale.

Setelah Zuckerber pindah ke Palo Alto, California bersama Moskovitz dan teman-temanya, mereka mengontrak rumah yang juga menjadi kantor. Sepanjang musim panas, Zuckerberg bertemu Peter Thiel (CEO PayPal). Singkat cerita Peter Thiel berinvestasi di Facebook. Zuckerberg bersama teman-temannya mendapatkan kantor pertama di pertengahan 2004

Misi dari Facebook adalah membuat dunia terbuka (making the world open). Di awal tahun 2009, Zuckerberg meminta nasehat pada salah satu direktur Netscape, Peter Currie mengenai strategi pendanaan Facebook. Pada 21 July 2010, Zuckerberg mengumumkan Facebook memiliki 500 juta pengguna di dunia. Dalam pernyataannya juga Zuckerberg menyatakan kedepan Facebook akan mendapatkan keuntungan dari iklan (saat ini sudah dijalankan Facebook Ads).

Nama Mark Zuckerberg pendiri Facebook didapuk oleh Majalah Vanity Fair sebagai urutan 1 dalam top 100 orang yang paling berpengaruh pada era informasi tahun 2010. Mark Zuckerberg menyatakan bahwa Facebook sudah mencapai 5 juta pengguna pada Konferensi TechCrunch Disrupt September 2013.

Banyak sekali pelajaran yang dapat kita ambil dari kisah sukses Mark Zuckerberg pendiri Facebook. Finansialku melihat beberapa pelajaran dari kisah sukses Mark:
  1. Mark Zuckeberg mendirikan Facebook dan menjalankan hal-hal yang dia senangi.
  2. Salah satu kesuksesan Facebook adalah fokus pada visi dan misi.
  3. Zuckerberg sebagai presiden Facebook selalu melakukan inovasi dan mau berubah. Salah satu perubahan yang penting adalah kehadiran Facebook ads, aksi korporasi dengan mencaplok instagram dan WhatsApp.
  4. Facebook adalah produk yang sangat sederhana. Banyak orang mampu untuk menggunakan Facebook tanpa harus membaca buku panduan (manual book).
  5. Kesuksesan Zuckerberg adalah membuat sebuah asset yang dapat berguna bagi banyak orang. Facebook adalah asset yang digunakan oleh banyak orang untuk berkomunikasi satu dengan yang lain. Asset tersebut sekarang bekerja dan mendatangkan keuntungan besar

5. Hasilkan Jutaan Dollar dari Cerita Pribadi

Berawal dari kesukaan bercerita tentang kehidupannya seharihari, HeatherArmstrong mendirikan situs dooce.com.

Situs itu kini mampu menarik 850.000 pembaca dan mendatangkan pengiklan. Dooce berisi cerita liku-liku kehidupan Armstrong sehari-hari yang dikemas dengan lugas, lucu, wajar,dan enak dibaca.

Di situs itulah Armstrong menuangkan kreativitas dan pergulatan hidup keseharian, termasuk curahan hati (curhat) tentang rasa frustrasinya sebagai wanita modern.

"Pembaca suka berkunjung ke situs saya karena saya lebih jujur dibandingkan majalah-majalah perempuan yang dicetak dengan kertas mengkilat.

Dooce benar-benar berisi cerita lugas dan tanpa disaring. Situs saya tidak dikelola sebuah dewan redaksi berisi 12 orang untuk menyetujui apa yang akan Anda katakan. Ini benar-benar hal yang nyata," ungkap Armstrong seperti dirilis New York Times.

Di situs itu Armstrong menulis liku-liku perjalanan hidupnya sejak belum menikah dan mendapat banyak uang sebagai desainer web di LosAngeles, California, hingga setelah masa pacaran dengan calon suaminya.

Dooce juga berisi cerita saat Armstrong dipecat dari pekerjaannya sebagai desainer web dan hidup seperti pengangguran pemabuk, hingga menikah dengan suaminya saat ini, dan pindah ke Utah, AS.

Di Utah, Armstrong melahirkan anak-anaknya. Namun tekanan rasa depresi yang dialami Armstrong membuatnya harus dibawa ke rumah sakit jiwa.

"Kondisi saya lebih baik saat ini. Pada Oktober 2005 saya mulai mendapat banyak iklan dan suami saya bisa keluar dari pekerjaannya serta menjadi bapak rumah tangga.

Situs ini mendukung keluarga saya," ungkap perempuan peraih gelar sarjana di bidang sastra Inggris itu. Ternyata cerita-cerita Armstrong itu disukai banyak pembaca sehingga sejumlah perusahaan seperti JC Penney dan Crate & Barrel, bersedia berildan di situs itu.

JC Penney dan Crate & Barrel menjual furnitur dan menawarkan tip-tip dekorasi di sela-sela cerita dan pembicaraan Armstrong dengan putrinya yang berusia empat tahun, Leta, di situs itu. Selain JC Penney dan Crate & Barrel, Walgreens juga mempromosikan jasa percetakannya di sela foto-foto keluarga yang dipasangArmstrong di situsnya.

Tidak ketinggalan, j aringan W Hotel juga memasang iklan di situs Dooce. Para pengildan itu jelas sangat ingin memengaruhi ratusan ribu pembaca Dooce yang sebagian besar ibu rumah tangga. MeskiArmstrong tidak bersedia mengungkapkan jumlah pasti pendapatan iklan yang diperolehnya, penghasilan Dooce tahun ini naik tujuh kali lipat dibandingkan pendapatan pada 2006.

Data itu diperoleh berdasarkan keterangan Federated Media, perusahaan penjual iklan di situs milik Armstrong.

Menurut perusahaan pengukur jumlah lalu lintas internet, comScore, langkah Armstrong mendirikan situs yang menyasar pembaca ibu rumah tangga merupakan langkah yang tepat.

Menurut data comScore, saat ini situs-situs untuk ibu rumah tangga telah tumbuh 35 persen dibandingkan tahun lalu. Situs itu biasanya berisi tips-tips make up dan berbusana.

"Situs untuk perempuan memiliki 84 juta pengunjung pada Juli silam, atau 27 persen lebih banyak dibandingkan Juli tahun lalu," ungkap comScore.

"Para pengiklan tergiur dengan jumlah pembaca perempuan. Pengiklan telah menampilkan 4,4 miliar iklan di situs perempuan pada Mei," papar comScore.

Jumlah iklan tersebut lebih banyak dibandingkan situs untuk anak-anak, remaja, atau keluarga. Wakil presiden dan direktur digital agensi iklan MediaVest, Chris Actis, juga mengakui hal itu.

"Ibu-ibu merupakan pembuat keputusan utama dalam rumah tangga untuk masalah membeli barang-barang kebutuhan keluarga atau semacamnya," ungkapnya.

Armstrong menjelaskan, tidak semua pengiklan mau bertahan untuk memasang iklan di situsnya. Saat dia menggunakan kata-kata yang lugas dalam tulisannya, dua perusahaan hiburan keluarga mencabut iklan mereka dari Dooce.

"Saya pikir itu mengagumkan.Saya tahu satu pengiklan akan mencabut iklannya, tapi saya pikir pengildan mulai memahatni bahwa orang-orang datang ke situs saya karena cerita saya," paparnya•

TulisanArmstrong di situsnya memiliki ciri yang lugas dan tanpa dibuat-buat. Saat menuturkan sebagian pengalaman hidup, dia menulis, "Saya pernah berkencan dengan sejumlah aktor dan bertemu sejumlah selebriti di Los Angeles.

Semua yang Anda dengar tentang Los Angeles semuanya benar, khususnya tentang lalu lintas dan para aktornya, mereka benar-benar seburuk itu," tulisnya.

Armstrong, yang kini dikaruniai tiga anak, dulu pernah bekerja selama beberapa tahun untuk lembaga yang menangani masalah kecanduan narkoba. Dia tumbuh besar di daerah pinggiran Memphis, Tennessee. Saat lulus dari Bartlett High School pada 1993, dia mendapat kesempatan memberikan pidato perpisahan.

"Alasan mengapa saya menceritakan tentang bagian pidato perpisahan tersebut karena itu satu-satunya kehormatan yang saya dapat seumur hidup," tulisnya dengan nada humor.

MenurutArmstrong, dia dipecat dari pekerjaannya satu tahun setelah mendirikan Dooce. Situs tersebut dia buat pada 2001.

Dia dipecat karena menulis cerita yang melibatkan orang¬orang di tempat kerjanya. "Nasihat saya padaAnda, jangan terlalu bodoh seperti saya. Jangan pemah menulis tentang pekerjaan di intemet, kecuali bos Anda akan tahu dan menghukum Anda," paparnya di Dooce.

Penutup

Kisah sukses pengusaha online di atas sangat menginspirasi dan memotivasi terutama bagi Anda yang saat ini ingin memulai bisnis tanpa modal.

Pada dasarnya, sukses adalah pencapaian yang harus ditempuh melalui proses. Sukses bukan semata ditentukan oleh seberapa banyak uang dan seberapa besar usaha yang telah dirintis.

Seringkali orang-orang sukses mengatakan bahwa keyakinan kita terhadap kesuksesan justru lebih penting daripada hasil kesuksesan itu sendiri. Bagaimana kita mengasah diri agar menjadi pengusaha sukses. Demikian semoga kisa-kisah di atas dapat memotivasi kita agar lebih sukses di masa depan.

Dari berbagai sumber 



9 komentar:

  1. benar2 mencengangkan gan... saya yakin di indonesia juga ada tuh, cuma saja mereka sedan mengendap2... gan biar ga heboh kali...

    BalasHapus
  2. Terimakasih gan, semoga bermanfaat bagi kita semua.. biar sama2 suksesnya,,

    BalasHapus
  3. Semoga kita semua juga bakal sukses seperti mereka amin..

    BalasHapus
  4. Sangat inspiratif, thank admin informasinya

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.